Perencanaan Suksesi : Membahas Semua Hal tentang Suksesi
Perencanaan Suksesi
Perencanaan suksesi adalah dasar bagi perusahaan yang berhasil menangani perubahan kepegawaian seperti transfer pensiun, promosi dan pergantian karyawan.
Perencanaan suksesi harus mencakup sistem pengembangan yang dirancang dengan baik dan mengikuti lima langkah berikut ini :
- Mengintegrasikan dengan strategi
- Melibatkan manajemen puncak
- Menilai kunci Bakat
- Mengikuti praktik pengembangan dan
- Memantau dan mengevaluasi
Mari kita bahas masing-masing langkah.
Semua pekerjaan yang terlibat dalam perencanaan suksesi harus menghasilkan dua hal:
- Identifikasi potensi penggantian darurat untuk posisi kritis
- Penerus lainnya yang akan siap dengan beberapa pengembangan tambahan
Integrasikan hal diatas dengan strategi. Caranya bisa dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini :
- Kompetensi apa yang akan dibutuhkan?
- Pekerjaan apa yang akan menjadi kritis?
- Bagaimana posisi kritis harus diisi?
- Apakah tugas internasional diperlukan?
Ketika melibatkan top manajemen, tanyakan ini :
- Apa peran CEO dalam perencanaan suksesi?
- Apakah eksekutif tingkat atas dilibatkan?
- Apakah eksekutif puncak memberikan mentoring ? dan
- Bagaimana akuntabilitas untuk tujuan suksesi?
- Apakah karyawan tersebut memiliki kompetensi penting?
- Apa yang hilang?
- Apakah assesment memberikan informasi yang berguna?
- Apakah hasil pemeriksaan bisa menentukan bakat? dan
- Apa individu serta tujuan karir kompatibel?
Lakukan praktik pengembangan perencanaan suksesi dengan menjawab pertanyaan di bawah.
- Bagaimana kompetensi penting dapat dikembangkan?
- Dapatkah seseorang berinteraksi dengan eksekutif?
- Dapatkah kumpulan bakat dibuat untuk pekerjaan tingkat atas?
- Dan apa saja insentif untuk pengembangan?
Kemudian ketika Anda memantau dan mengevaluasi proses suksesi, kumpulkan data berikut :
- Apakah menggunakan banyak metrik?
- Penerus efektif setelah penempatan posisi?
- Posisi diisi oleh internal atau eksternal ?
- Apakah proses yang dilakukan menguntungkan?
Individu yang diidentifikasi sebagai penerus sebaiknya diberi tahu pengembangan spesifik apa yang mereka butuhkan dan langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk membangun kompetensi tersebut.
Perencanaan suksesi adalah proses mempersiapkan lowongan yang tak terelakkan dalam hierarki organisasi.
- Keputusan perencanaan suksesi memerlukan analisis berikut :
- Bagaimana Anda dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bakat saat ini?
- Bagaimana Anda harus membuat atau membeli bakat? dan
- Bagaimana Anda dapat mengukur keberhasilan sistemik?
Organisasi dapat proaktif dalam mengidentifikasi manajer yang tepat dan karyawan yang dibutuhkan untuk keberhasilan perencanaan suksesi. Manajer menentukan apakah individu bersedia dan mampu melakukan tugas di tingkat yang lebih tinggi dalam organisasi. Leader juga harus melakukan inventarisasi saat ini dari bakat yang sudah diperkerjakan dalam organisasi.
Kerangka umum yang biasa digunakan dalam perencanaan suksesi adalah model bakat sembilan kotak seperti yang ditunjukkan di bawah.
Model bakat sembilan kotak adalah matriks yang menunjukkan kinerja masa lalu dan potensi masa depan dari semua karyawan. Karena hanya berfokus pada potensi atau kinerja dapat mempersempit pandangan saat mengembangkan perencanaan suksesi untuk pekerjaan dan mengidentifikasi kandidat.
Kisi dua dimensi dapat menguraikan potensi individu untuk dipromosikan pada satu sumbu dan kinerja pekerjaan saat ini di sumbu yang lain. Kisi inventaris bakat sangat membantu dalam pekerjaan yang cenderung lebih kompleks. Oleh karena itu, model bakat sembilan kotak sangat berguna dalam menilai calon potensial pada kedua ukuran penting.
Beberapa organisasi mengukur dampak perencanaan suksesi dalam rentang yang luas. Metrik yang digunakan tergantung pada prioritas perusahaan, metrik yang sesuai harus dipilih di awal proses perencanaan. Langkah-langkah utama yang mungkin dipertimbangkan perusahaan adalah pengurangan biaya pergantian karyawan, kinerja yang lebih tinggi dan profitabilitas organisasi.
Organisasi juga dapat melacak bagaimana lowongan pekerjaan diisi dan kesiapan calon serta tingkat keberhasilan individu yang dipromosikan. Ekspansi kemampuan teknologi informasi membantu membuat data perencanaan suksesi tersedia secara elektronik untuk semua anggota staf.
Sistem pelacakan keterampilan penilaian kinerja dan database lain dapat dikaitkan/ dihubungkan dengan rencana suksesi. Perencanaan suksesi dapat menjadi cara penting untuk mengidentifikasi karyawan yang memiliki keterampilan saat ini atau potensi untuk dikembangkan.
Keterampilan yang dapat membantu mereka naik jabatan organisasi atau ke posisi lain. Ketika organisasi menjadi lebih besar, manfaat dari perencanaan suksesi formal menjadi lebih besar. Dan untuk perusahaan besar, perencanaan suksesi menjadi hal yang sangat direkomendasikan.
Manfaat utama dari perencanaan suksesi adalah :
- Memiliki persediaan tinggi individu yang memenuhi syarat dan siap untuk pembukaan pekerjaan di masa depan
- Memberikan peluang dan rencana karir bagi individu yang membantu retensi dan motivasi kinerja.
- Memberikan dasar untuk tinjauan berkelanjutan atas persyaratan kepegawaian karena perubahan organisasi terjadi seiring waktu
- Meningkatkan merek perusahaan dan menetapkan organisasi sebagai tempat yang diinginkan untuk bekerja.
- Menimbulkan kepercayaan bagi investor dan pemangku kepentingan lainnya